Puasa Sunnah 10 Hari Awal Dzulhijjah

01 Desember 2008

Puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang mengandung manfaat sangat besar. Dari segi kejiwaan serta kesehatan. Manfaat untuk kejiwaan diantaranya karena puasa adalah menahan lapar, dahaga atau singkatnya adalah menahan hawa nafsu. Puasa juga dapat mencegah dari perbuatan - perbuatan yang tidak baik. Selain itu juga dapat menguji kesabaran orang yang berpuasa.


Sedangkan menurut kesehatan, bahwa puasa dapat memberi kesempatan pada usus sebagai alat pencernaan untuk beristirahat kurang lebih selama 14 jam. Selain itu juga puasa dapat menghilangkan sisa sisa makanan yang ada dalam tubuh.
Begitulah sebagian manfaat puasa bagi orang yang puasa. Puasa yang paling utama adalah puasa Romadhon yang selalu bergulir selama satu bulan penuh setiap tahunnya. Dan beberapa puasa sunnah lainnya seperti, puasa 6 hari pada bulan Syawal, puasa senin dan kamis, puasa ‘arahfah dan lain sebagainya. Kemudian apakah sepuluh hari awal bulan dzulhijjah itu adalah termasuk puasa yang disunahkan?
عن ابن عبّاس رضى الله عنهما , قال : فال رسول الله ص. م. :" ما من ايّام العمل الصّالح احبّ الى الله من هذه الايّام" , يعني : ايّام العشر , قالوا : يا رسول الله ولا الجها د فى سبيل الله ؟ قال :"ولا الجهاد فى سبيل الله , الا رجل خرج بنفسه , وماله ولا يرجع من ذلك شيء".رواه البخارى
Diriwayatkan dari shahabat Ibnu Abbas r.a. berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari (dari bulan Dzulhijjah).” Mereka (para sahabat) bertanya: “Wahai Rasulullah, tidak pula jihad fi sabilillah?” Beliau bersabda: “Dan tidak pula jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatupun.” (HR Bhukhori).
Dari hadits di atas ada beberapa poin yang perlu kita cermati. Diantaranya :
Bahwa dalam sepuluh hari pertama pada bulan dzulhijjah amal yang soleh itu lebih baik daripada hari hari itu sendiri. Amal soleh itu meliputi : sholat, shodaqoh, puasa, dzikir, takbir, membaca al qur’an, berbuat baik dan taat kepada kedua orang tua, bersilaturrahim, dan berbuat baik kepada orang lain serta perbuatan baik lainnya.
Kemudian hadits ini juga menunjukkan fadhilah amal soleh di dalam sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah. Seperti puasa dan lain sebagainya.
Selain itu juga menunjukkan bahwa jihad di jalan allah adalah amal soleh yang paling afdhol. Hal itu di tandai dengan sabda Nabi SAW. :
:"ولا الجهاد فى سبيل الله , الا رجل خرج بنفسه , وماله ولا يرجع من ذلك شيء"
Ini menunjukkan bahwa jika manusia keluar untuk berjihad di jalan allah, dengan hartanya sendiri. Yaitu senjata dan kendaraan yang di pakai. Kemudian terbunuh lalu senjata beserta kendaraannya dirampas oleh musuh. Maka ini adalah sebuah amalan yang paling utama saat itu. Dan jika hal ini bisa terjadi maka allah akan melipatkan pahalanya.
Yang pada intinya adalah sungguh disukai (mustahab) bagi siapa saja yang pada sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah bisa melakukan amal soleh termasuk diantaranya adalah puasa. kecuali pada tanggal sepuluh Dzulhijjah yang merupakan 'Iedul Adha. Karena haram hukumnya jika melaksanakan puasa pada hari tersebut. Allahu A’la A’lam.


0 komentar: